Laman

Minggu, 10 Maret 2013

Pertemuan Ke-4 : Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar

Pada pertemuan ke-4, tanggal 4 maret 2013 pukul 13.30, bertempat di DS.307 FIP UNJ. Dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran yang di ajar oleh Dr. Amril Muhammad, SE, M.Pd. Kelompok 2 yang beranggotakan Yohanes Andre, Syifa, Vera dan Pratamadhanty mempersentasikan tentang "Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar".

Apa sih segmentasi pasar dan targeting pasar itu?
Segmentasi Pasar adalah suatu proses untuk membagi dan mengelompokan pasar yang bersifat heterogen menjadi segmen pasar bersifat homogen yang spesifik. Sedangkan, Targeting Pasar adalah kegiatan memilih segmen-segmen pasar yang unggul dan terpilih guna menentukan sasaran dan target pasar.

kenapa segementasi pasar harus di lakukan?
segmentasi pasar tersebut harus di lakukan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan para pelanggan dalam mencari barang dan jasa yang diinginkannya secara lebih efektif. Dalam pembentukan segmentasi pasar harus memperhatikan beberapa proses., yaitu :

  1. Survey, kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengetahui keinginan-keinginan konsumen terhadap produk pasar.
  2. Analisis, setelah melakukan survey selanjutnya perusahaan melakukan analisis kira-kira apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen. 
  3. Pembentukan, merupakan langkah terakhir dalam pembentukan segmentasi pasar, yang mana perusahaan menentukan segmentasi pasar terhadap produk-produknya.
Terdapat macam-macam segmentasi pasar, yaitu :
  1. Geografi : wilayah, iklim, ukuran kota, negara, pendapatan
  2. Demografi : usia, jenis kelamin, siklus hidup keluarga, penghasilan, suku, agama
  3. Psikografi : gaya hidup, kelas ekonomi, kepribadian
  4. Behavioristic (perilaku) : peristiwa, manfaat, status pemakai, tingkat pemakai, tahap kesiapan, sikap terhadap produk 
Segmentasi pasar yang di katakan efektif antara lain dapat diukur, cukup besar, dapat dijangkau, dapat dibedakan, dan dapat diambil tindakan. Maka dari itu untuk menentukan segmentasi pasar harus memperhatikan pendekatan-pendekatan segmentasi pasar, yaitu :
  • Undifferentiated Marketing, perusahaan memproduksi satu jenis barang untuk seluruh pasar tanpa membuat segmen-segmen khusus terhadap pasar.
  • Differentiated Marketing, perusahaan membuat bermacam-macam produk untuk bermacam-macam segmen pasar.
  • Concentrated Marketing, perusahaan hanya fokus memperoduksi satu produk untuk segmen tertentu. 
Manfaat segmentasi pasar :
  1. Produsen ada di posisi lebih baik untuk memilih kesempatan pemasaran.
  2. Produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pengetahuan yang ada.
Ada beberapa penetapan sasaran pasar :
  1. Mengevaluasi segmen pasar : ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik struktural.
  2. Memilih segmen pasar : mengidentifikasi keunggulan bersaing, memilih keunggulan bersaing yang tepat, mengkomunikasikan dan menyampaikan posisi yang telah dipilih.
  3. Pertimbangan tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.

Tidak ada komentar: