Laman

Minggu, 24 Maret 2013

Pertemuan ke-5 : Positioning Produk Jasa

Pada pertemuan ke-3. Senin, 18 Maret 2013, bertempat di Universitas Negeri Jakarta, Gedung Daksinapati selasar Lt. 1 dan ruang 307. Kali ini kelompok 3 berkesempatan sebagai kelompok penyaji materi "Positioning Jasa Pendidikan". Kelompok ini beranggotakan Dea Anggun Novia, Dian Rahmawati, Gelar Gelora Mestika, dan Novi andriani. Dalam persentasi kali ini di sajikan dengan sedikit berbeda dengan kelompok sebelumnya, Dimana presentasi di laksanakan di selasar Lt.1 depan kajur MP, mahasiswa di bagi menjadi kelompok kecil dimana di setiap kelompok tersebut ada 1 orang dari kelompok penyaji.

 Apa itu positioning?
Positioning adalah bagaimana menempatkan produk perusahaan ke dalam benak customer secara luas, sehingga akan tertanam dalam benak pasar bahwa perusahaan kita adalah definisi dari kategori produk yang Anda jual. Positioning, bukan bagaimana kita menempatkan produk atau jasa dalam pasar, bukan sebatas pandangan pasar akan produk atau jasa yang akan kita tawarkan dan tidak melihat pada besar atau kecilnya pangsa pasar, tetapi positioning benar-benar berhubungan dengan benak atau dalam hal ini perseption (persepsi). Positioning adalah bagaimana kita ingin pelanggan kita mengingat produk atau  jasa yang kita tawarkan.

Apa Tujuan Positioning?
         Tujuannya adalah untuk membedakan adanya presepsi perusahaan berikut produk dan jasanya dari para pesaing dengan memperkenalkan kepada pasar bahwa produk kita ini berbeda dan unggul dari pesaing.

Latar Belakang Pemikiran Positioning
     Untuk menciptakan citra (image) yang diharapkan, maksudnya adalah terkait dengan bagaimana konsumen berada di segmen pasar tertentu atau spesifik itu mempersepsikan jasa perusahaan.

Dalam kegiatan positioning juga berkaitan dengan marketing mix, kenapa begitu? karena dengan adanya marketing mix perusahaan bisa mengetahui produk (good & service) apa yang diinginkan (want) serta yang di butuhkan (need) di kalangan pasar. Selain itu marketing mix juga dapat menimbulkan persaingan. Oleh karena itu perusahaan harus melakukan analisis lingkungan pasar yang ada di lapangan seperti kebutuhan masyarakat yaitu berhubungan dengan harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).

Langkah-langkah dalam positioning
(menurut Kotler)

  • Mengenali keunggulan-keunggulan yang mungkin dapat di tampilkan dalam hubungan dengan pesaing.
  • Memilih keunggulan-keunggulan yang paling kuat atau menonjol.
  • Menyampaikan keunggulan itu secara efektif kepada target pasar
Ada kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi dalam positioning dan harus dihindari :
  1. Under Positioning, Perusahaan kurang melakukan pencitraan (image) sehingga para konsumen (pasar) kurang tahu tentang produk yang ditawarkan atau bahkan tidak tertarik sama sekali.
  2. Confused Positioning, Konsumen tidak merasa pasti dengan citra suatu produk karena terlalu banyak janji yang di berikan dan selalu berubah setiap waktunya. 
  3. Over Positioning, perusahaan terlalu berlebihan dalam melakukan pencitraan sehingga produk yang ditawarkan tidak jelas keunggulannya, sehingga orang tidak tertarik terhadap produk tersebut.
  4. Doubtfull Positioning, Konsumen merasa ragu atas suatu janji suatu produk seperti tentang harga, kemampuan produk, dan manfaatnya.
Ada dua cara dalam melakukan positioning yang baik saat terjadi suatu masalah :
  • Repositioning, dimana perusahaan memposisikan ulang produknya bila ada riset pasar yang di nilai kurang pas dengan keinginan dan kebutuhan pasar.
  • Depositioning, adalah cara saat perusahaan mengalami masalah over positioning, dengan cara melihat kembali kemampuan yang kita miliki.

Tidak ada komentar: