Laman

Rabu, 27 Maret 2013

Pertemuan Ke-6 : Bauran Pemasaran Jasa

Pada pertemuan Ke-6, senin, 25 maret 2013 pukul 13.30, bertempat di gedung Daksinapati selasar Lt.1 depan kajur MP. Presentasi kali ini sama cara penyajian dengan pertemuan minggu kemarin yaitu mahasiswa di bagi menjadi beberapa kelompok kecil dan di setiap kelompok tersebut ada seorang penyaji materi dari kelompok yang mempresentasikan. Pada pertemuan kali ini penyajinya adalah kelompok 4 yang beranggotakan khairiah aprilianti, aprilianita, devi, dan nisa dengan materi "Bauran Pemasaran Jasa". berikut reportasenya.

Apa itu "Bauran Pemasaran jasa"?
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat/sekumpulan variabel-variabel pemasaran yang di gunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dan untuk memenuhi target pasarnya. Sedangkan untuk Bauran Pemasaran Jasa adalah perusahaan menawarkan berbagai pelayanan jasa. Strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan progran-program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran. 

Di dalam bauran pemasaran jasa ada 4 variabel yaitu :

1.   Strategi Distribusi
Fokus dari strategi ini adalah lebih mengedepankan kemudahan dalam distribusi produk jasa. faktor kuncinya adalah :

  • Jumlah outlet
  • Distribusi langsung/tidak langsung
  • Lokasi dan penjadwalan
Tujuan penting distribusi perusahaan bagi banyak perusahaan jasa adalah jumlah toko yang digunakan/dibuka selama waktu tertentu. 

2.   Strategi Promosi
Adalah berbagai cara untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang suatu produk atau brand yang dijual.  
  • Penekanan pada pedoman yang nyata
  • Menggunakan sumber informasi perorangan
  • Menciptakan citra perusahaan yang kuat
  • Melakukan komunikasi pasca pembelian.
3.   Strategi Harga

Pada setiap produk atau jasa yang ditawarkan, bagian pemasaran berhak menentukan harga pokoknya. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga tersebut antara lain biaya, keuntungan, praktik saingan dan perubahan keinginan pasar. Kebijaksanaan harga ini menyangkut pula penetapan jumlah potongan, mark-up, mark-down, dan sebagainya.


      Dua tantangan penetapan harga :
  • Menetapkan harga bagi jasa, peting untuk mendefinisikan unit konsumsi jasa/penyelesaian tugas atau berdasarkan waktu, dll.
  • jasa yang mengandung elemen yang banyak, apakah berdasarkan sekumpulan elemen atau tiap elemen.
4.   Strategi Produk Jasa

Pengembangan produk dapat dilakukan setelah menganalisa kebutuhan dan keinginan pasarnya. Jika msalah ini telah diselesaikannya, maka keputusan-keputusan tentang harga, distribusi dan promosi dapat diambil.
  • Proses manusia, terjadi ketika jasa di tunjukan langsung ke konsumen.
  • Proses kepemilikan, terjadi ketikajasa tersebut ditujukan pada kepemilikan konsumen.
  • Proses informasi, melibatkan penggunaan teknologi atau kekuatan otak.
Jenis Jasa
  • Jasa Utama, manfaat utama yang konsumen beli. contoh : perusahaan jasa kereta api, makan jasa utamanya adalah transportasi kereta api tersebut.
  • Jasa Pelengkap, yang melengkapi jasa utama dan membedakan dari pesaing. contohnya : perusahaan jasa kereta api, maka jasa pelengkapnya adlah sperti fasilitas, customer service, pelayanan yang di berikan kepada konsumen kereta api, penjualan tiket, dll.
Jasa bersifat tidak berwujud, tidak terpisahkan (dari sumbernya), keanekaragaman, dan tidak tahan lama. Perbedaan bauran barang dengan bauran jasa adalah bauran barang berasumsikan pada product, price, place dan promotion. Sedangkan, bauran barang adalah berasumsikan pada product, price, place, promotion, people, process, customer service. 

Tidak ada komentar: