Laman

Minggu, 10 Maret 2013

Tugas 2 : Bisnis Jasa Pendidikan/Pengembangan SDM

Soal
1. Tentukan nama dan bisnis jasa pendidikan/pengembangan SDM 
2. Tentukan pendekatan yang anda gunakan untuk menentukan segmen pasar dengan 
     berikan alasan (150-200 kata).

Jawab
Saya membangun jasa pendidikan/pengembangan SDM dengan nama Yayasan Garuda Muda Indonesia atau di negara tempat saya mendirikannya dikenal dengan Young Garuda Indonesia Foundations . Berdiri di kota besar New York, USA. Yayasan ini bergerak dalam pendidikan pengetahuan culture atau mengenal budaya dari Indonesia dan semuanya tentang Indonesia yang bersifat non formal. Saya memutuskan lokasi bisnis disana karena di New york saat ini banyak WNI yang bertempat tinggal di sana. Banyak dari mereka melahirkan keturunannya di sana, maka dari itu sasaran pasar saya adalah anak keturunan indonesia dengan rentan usia 6-12 tahun. tujuan kami adalah dengan di adakannya pendidikan budaya tentang Indonesia para anak-anak generasi muda indonesia tidak lupa akan budaya mereka sendiri dan dapat mengenal dan mengetahui tentang tanah air dan tanah kelahiran nenek moyang mereka serta menumbuhkan bibit-bibit rasa nasionalis pada diri mereka. Kami mempunyai pengajar-pengajar yang profesional dan mendapatkan sertifikasi mengajar dan kemahiran berbahasa inggris dari Kementrian Pendidikan dan Budaya Indonesia dan Kementrian Pendidikan Amerika. Kami memberikan pengenalan tentang bentuk negara indonesia, lagu kebangsaan indonesia, sejarah indonesia, bahasa indonesia, kebudayaan indonesia, serta semua apa saja yang ada di Indonesia. Kami memfasilitasi ruangan, serta suasana belajar yang bernuansa indonesia. kenyamanan serta kecanggihan fasilitas kami sudah di setarakan dengan sekolah non formal di amerika.

Dalam membangun jasa pendidikan dan pengembangan SDM ini saya menggunakan pendekatan Concentrated Marketing . Contrated Marketing adalah pendekatan yang hanya berkonsentrasi dan fokus pada satu atau sedikit segmen pasar. 

Mengapa saya menggunakan Concentrated Marketing? karena Contrated marketing hanya fokus pada satu segmen. Begitu juga dengan bisnis saya ini yang hanya bergerak dan berkonsentrasi secara fokus pada satu segmen yaitu fokus mendidik anak-anak keturunan Indonesia dengan rentan umur 6-12 tahun. saya membuat Kurikulum, bahan ajar yang sudah di sesuaikan dengan kondisi anak-anak indonesia di sana. Gaya mengajar para pengajar pun di buat lebih mudah di mengerti dan di tangkap oleh anak-anak di sana yang berusia 6-12 tahun tersebut. Tak hanya itu, pengajar pun juga di tuntut untuk mengerti psikomotor si anak. Dengan semua itu lahn di harapkan mencetak output yang baik, yaitu para generasi muda indonesia yang mempunyai pengetahuan dan jiwa kebangsaan indonesia.

Tidak ada komentar: