Laman

Minggu, 14 April 2013

Pertemuan ke-7 : Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan

Pertemuan ke-7, senin, 8 April 2013. Dalam pertemuan kali ini, sistem presentasi kembali ke sistem yang lama dengan bertempat di ruang DS.307 FIP UNJ. Presentasi kali ini dilakukan oleh kelompok 5 yang beranggotakan M.Fahmi, Artha.V, Septia, dan yayuk Fathonah. Presentasi kali ini membahas tentang "Penciptaan dan Pengembangan Produk Jasa Pendidikan". 

Dalam mempelajari tentang bagaimana penciptaan dan pengembangan produk jasa pemasaran kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu produk? produk adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Produk-produk tersebut dapat berupa barang (goods) dan jasa (services).

Dalam rangka untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen sebuah perusahaan akan terus melakukan kegiatan penciptaan dan pengembangan produk agar dapat terus meraih keuntungan. maka dari itulah  awal-awal perusahaan harus melakukan perencanaan produk atau product planning. Product planning  adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menentukan dan mengembangkan produk. Product Planning bertujuan untuk memenuhi keinginan konsumen, untuk memenangkan persaingan, dan untuk meningkatkan omzet penjualan. 

Dalam mengembangkan produk kita harus melakukan 8 tahapan agar pengembangan produk berhasil, yaitu : (1) Penciptaan ide-ide. Penciptaan ide muncul dan bersumber dari ilmuwan, karyawan, pemilik, atau bahkan dari saingan. (2) Penyaringan ide-ide. Ide-ide yang sudah terkumpul dan sifatnya belum matang karena masih bersifat sumbangan saran atau brain storming akan disaring untuk di pilih mana yang mungkin dikembangkan mana yang tidak. (3) Pengembangan dan pengujian konsep. Ide yang sudah di saring akan di jadikan bahan pengembangan dan eksperimen, setelah produk baru tercipta maka akan di perkenalkan kepada konsumen dan diadakan survey pendapat konsumen tentang produk baru ini. (4) Pengembangan strategi pemasaran. Perusahaan melakukan perencanaan strategi pemasaran produk baru dengan memilih segmentasi pasar dan jenis promosi yang akan digunakan. (5) Analisis Usaha. Memperkirakan jumlah penjualan, harga penjualan, biaya produksi, dan perkiraan laba. (6) Pengembangan produk. Gagasan produk yang masih bersifat rencana di berikan kepada bidang produksi untuk dibuat, diberi merk dan di beri kemasan menarik. (7) Market testing. pengujian produk baru dengan memasarkannya ke konsumen dengan di beri sample guna memperoleh informasi tentang keadaan produk, penyalur, dan tanggapan konsumen tentang barang produk baru tersebut. (8) Komersialisasi. Setelah perencanaan yang matang, pembuatan dan pengujian maka selanjutnya akan dilakukan produksi masal besar-besaran secara luas ke masyarakat yang membutuhkan modal dan investasi yang cukup besar juga.

Tidak ada komentar: