Laman

Minggu, 28 April 2013

Pertemuan Ke-9 : Distribusi, Franchise, dan Multi Level Marketing (MLM)

Pada Pertemuan Ke-9, senin, 22 April 2013 pukul 0130 . Bertempat di DS.307 FIP UNJ. Pada pertemuan kali ini yang berkesempatan maju presentasi adalah kelompok 7 yang beranggotakan Yolla fitriani, Riski Nuria, dan Leni Indriani. Materi yang di bahas adalah "Distribusi, Franchise, dan Multi Level Marketing". 

Apa itu Distribusi? Distribusi adalah suatu kegiatan pemindahan atau penyaluran produk barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Distribusi memiliki tujuan yaitu untuk mencapai pasar-pasar tertentu dengan demikian pasar menjadi tujuan akhir dari proses pendistribusian. Dalam distribusi ada beberapa tipe saluran yaitu : (1) Saluran Distribusi Langsung, adalah pendistribusian barang atau jasa yang langsung ke tempat konsumen berada. Contohnya door to door yang sering di lakukan oleh sales-sales perusahaan kerumah rumah konsumen, (2) Saluran Distribusi Tidak Langsung, adalah pendistribusian produk barang atau jasa dengan menggunakan perantara seperti agen, pedagang besar dan pedagang kecil. Faktor-Faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menentukan saluran distribusi yaitu : (1)Pasar,  menentukan segmentasi pasar untuk menyalurkan barang dan jasa, (2) Barang, menentukan kualitas dari barang yang diproduksi untuk disalurkan kepada konsumen, (3) Perusahaan, kemampuan manajemen perusahaan untuk melakukan distribusi, (4) Perantara, penggunaan perantaraa untuk membantu distribusi barang dan jasa, (5) Saingan, persaingan distribusi barang dan jasa perusahaan lain yang merupakan pesaing terhadap perusahaan tersebut. 

Apa itu Franchise? Franchise adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen atau pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, produser, dan cara-cara yang telah ditentukan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu. Dalam Franchise (waralaba) ini mempunya ciri-ciri yaitu (1) Trade name, trade (service mark, patent, trade secret, dan know-know), (2) pewaralaba di ijinkan untuk menggunakan hak-hak yang telah disebutkan di atas, (3) operasi usaha waralaba di bawah pengarahan waralaba, (4) terwaralaba akan membayar royality dan suatu initial free. Jenis-jenis waralaba itu ada 2 yaitu ada (1) waralaba luar negeri seperti contohnya KFC, CFC, McDonals, dan (2) waralaba dalam negeri contohnya seperti Alfamart, Indomart, Ayam Hisana, Kebab Baba Rafi, Bubels, dan masih banyak yang lainnya. 

 Apa itu Multi Level Marketing? Multi Level Marketing (MLM) adalah suatu cara atau metode yang dirancangkan oleh perusahaan dalam menawarkan suatu produk dan menciptakan keadaan saling menguntungkan, dengan jalan melaksanakan penjualan secara langsung kepada konsumen melalui suatu jaringan yang dikembangkan oleh distributor lepas. Ciri-ciri MLM adalah uang pendaftarannya murah, ada pelatihan yang benar, perusahaannya jelas, dan mempunyai bussiness plan. Cara kerja MLM adalah pertama-tama akan di sponsori oleh distributor perusahaan MLM, membayar uang pangkal atau pendaftara, menandatangani perjanjian atau kontrak, melaksanakan penjualan produk, mengembangkan jaringan. 

Tidak ada komentar: