Jakarta - senin, 20 mei 2013. Pertemuan ke-13 mata kuliah manajemen pemasaran, bertempat di DS.307 FIP UNJ. Pertemuan kali ini di pimpin oleh bapak Amril Muhammad, S.E. M.Pd selaku dosen mata kuliah manajemen pemasaran. Pemapar kali ini adalah kelompok 11 yang beranggotakan Dwi Sakti, Qidam Permadi. dan Yudi Ardiyanto. materi kali ini membahas tentang "Perilaku Konsumen". Berikut reportase saya.
Apa itu Perilaku Konsumen? Perilaku Konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh orang atau konsumen dalam merencanakan, membeli dan menggunakan barang atau jasa. Perilaku konsumen merupakan hal yang mendasari konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Dalam melakukan pembelian terdapat model perilaku konsumen yang mempunyai kriteria yang berbeda-beda. Model perilaku konsumen tersebut di pengaruhi oleh : (1) Perangsang, terbagi menjadi dua, ada perangsang penjualan seperti (produksi, harga, tempat, dan promosi) serta perangsang lainnya (perekonomian, teknologi, politik, dan kebudayaan). (2) Kotak Hitam Pembeli, yang di dalamnya meliputi karakter pembeli seperti (budaya, sosial, perorangan, dan kejiwaan) dan proses keputusan pembeli seoerti (pengenalan masalah, pencarian informasi, informasi alternative, keputusan pembelian, dan perilaku sesudah pembelian. (3) Keputusan Pembeli, pilihan akhir yang di tentukan konsumen dalam memilih jenis, produksi, pemasok, dan jumlah pembelanjaan.
Dalam Perilaku Konsumen tentunya ada faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membeli, seperti : (1) Kebudayaan, berisikan tentang kultur, sub-kultur, dan kelas sosial. (2) Sosial, meliputi kelompok acuan, keluarga, peranan, dan status. (3) Kepribadian, meliputi usia dan tingkat kehidupan, jabatan, keadaan perekonomian dan gaya hidup. (4) Kejiwaan, meliputi motivasi, pandangan, belajar, kepercayaan, dan sikap pembeli.
Proses keputusan pembelian adalah pengenalan masalah lanjut ke pencarian informasi dan keputusan pembeli. Ada 5 peran dalam keputusan pembelian yaitu : (1) Pencetus Ide, mengusulkan ide untuk membeli suatu produk atau jasa tertentu. (2) Pemberi Pengaruh, pendapatnya mempengaruhi keputusan pembelian. (3) Pengambil Keputusan, memutuskan setiap komponen dalam keputusan pembelian. (4) Pembeli, seseorang yang melakukan pembelian yang sebenarnya. (5) Pemakai, seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Seperti halnya pesawat terbang dalam model perilaku konsumen ada istilah Black Box (kotak hitam) yang di sini artinya ada gap dalam pemikiran antar individu tentang suatu produk dikarenakan faktor selera yang berbeda-beda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar