Laman

Minggu, 02 Juni 2013

Pertemuan Ke-14 : "Kepuasan Pelanggan"

Jakarta, senin, 27 Mei 2013, bertempat di DS.307 FIP UNJ. Pertemuan kali ini adalah pertemuan yang terakhir dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran. Pertemuan kali ini tanpa di dampingi dosen kita yaitu bapak Amril Muhammad, S.E. M.Pd karena beliau sedang berhalangan hadir. pemamapar kali ini adalah kelompok 12 yang beranggotakan Muhaimin, Demas, dan Marsha. Materi yang di paparkan adalah membehas tentang "kepuasan Pelanggan". Berikut hasil reportase saya.

Apa itu kepuasan Pelanggan? Kepuasan Pelanggan adalah tingkat kepuasan seseorang setelah membandingkan kinerja atau jasa yang ia rasakan sendiri dibanding dengan harapannya. 

Konsumen dalam mengevaluasi jasa, umumnya menggunakan beberapa atribut, seperti bukti langsung (tangibles), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati. 

Perusahaan pun juga mempunyai beberapa cara unutk mengukur kepuasan pelanggannya, yaitu sistem keluhan dan sasaran, dimana perusahaan membuat wadah atau tempat dimana pelanggan dapat menyampaikan keluhan dan saran, seperti dengan melalui kotak saran. Survey kepuasan pelanggan, cara ini bisa dilakukan dengan cara survey dan angket. Pembeli bayangan, maksudnya perusahaan membeli produk pesaing lalu produk tersebut di analisis. Analisis pelanggan yang beralih, dengan cara menghubungi kembali pelanggan-pelanggan yang telah beralih ke produk pesaing. 

Sebab-sebab timbulnya ketidak puasan pelanggan yaitu, tidak sesuai dengan harapan dengan kenyataan yang dialami, layanan selama proses menikmati jasa tidak memuaskan, perilaku personil tidak atau kurang menyenangkan, suasana dan kondisi fisik lingkungan tidak menunjang, cost atau biaya terlalu tinggi, promosi atau iklan terlalu muluk. 

Sekian reportasi saya, mengingat ini adalah reportasi terakhir saya dalam manajemen pemasaran. Saya ucapkan terimakasih kepada para pembaca sekalian, semoga reportasi-reportasi saya bermanfaat dan berkenan dihati pembacanya. 

Poskan Komentar