Laman

Jumat, 10 Mei 2013

Pertemuan Ke-11 : "Promosi Jasa Pendidikan"

Pada pertemuan ke-11, Senin, 5 mei 2013. Bertempat di DS.307 FIP UNJ. Persentasi kali ini berjalan mandiri dikarenakan dosen kami bapak Amril Muhamad, SE, S.Pd berhalangan hadir di karenakan ada keperluan ke luar kota. Persentasi kali ini dipaparkan oleh kelomok 9. Seperti yang dulu presentasi di bagi menjadi kelompok2 kecil dan di setiap kelompok ada 1 anggota klompok pemapar. Di kelompok saya pemamparnya adalah Nurma Jelita dari kelompok 9.

Langsung saja ke Materi Promosi Jasa Pendidikan :

Apa itu Promosi? Promosi adalah suatu komunikasi dari penjualan dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sifat dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut. Promosi dalam penjualan itu sangat penting karena promosi itu bertujuan untuk mengenalkan apa yang dijual, apa yang membedakan, dan apa kelebihan dari jasa atau barang tersebut.

Apa itu Jasa? Jasa adalah tindakan atau kegiatan yang dapat di tawarkan dari suatu pihak kepihak yang lain, tetapi tidak berwujud dan tidak memiliki kepemilikan apapun. Ada 4 karakteristik jasa yaitu tidak berwwujud, tidak dapat dipisahkan, variabilitas, dan tidak tahan lama.

Ada 6 langkah dalam promosi yaitu menentukan tujuan promosi, menyeleksi alat-alat untuk promosi, menyusun program, melakukan pengujian atas program promosi, mengendalikan dan melaksanakan program, mengevaluasi program tersebut, sehingga terciptalah promosi yang mengenai target pemasaran.

Ada 4 bauran promosi yaitu ; (1) Periklanan/Advertising, periklanan adalah bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.(2) Promosi Penjualan/Sales Promotion, Promosi penjualan adalah kegiatan penjualan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditujukan untuk mendorong lebih kuat mempercepat sponsor pasar yang ditargetkan sebagai alat promosi lainnya dengan menggunakan bentuk berbeda. (3) Penjualan Tatap Muka/Personal Selling, personal selling adalah persentasi lisan dalam percakapan atau lebih calon pembeli untuk tujuan penciptaan penjualan. (4) Publisitas atau Public Relations "PR", publisitas adalah ruang editorial yang ada di semua media yang dibaca, dilihat, atau di dengar untuk membantu mencapai tujuan-tujuan penjualan dan tidak untuk dibayar. Ada 5 dimensi didalam bauran promosi, yaitu Mision (tujuan periklanan), Money (anggaran pemasaran), Mesagge (memilih pesan iklan), Media (keputusan tentang media), Measurement (mengevaluasi efektifitas iklan). 

Kadang muncul di benak kita apa sih perbedaan antara iklan dan promosi, hal yang sering kita nilai keduanya itu sama. Sebenarnya ada perbedaan dan persamaannya, perbedaannya iklan dan promosi adalah iklan dilakukan secara langsung dan dijalankan melalui media tertentu, sedangkan promosi adalah dilakukan kapan saja, langsung maupun tidak langsung. Persamaan iklan dan promosi adalah merupakan usaha menaikan omzet penjualan dengan berusaha mempengaruhi konsumen-konsumennya.


Tidak ada komentar: