Laman

Minggu, 05 Mei 2013

Pertemuan Ke-10 : "Kebijakan Harga"

Pada Pertemuan ke-10, senin, 29 april 2013. Bertempat di DS.307 FIP UNJ. Pada pertemuan kali ini yang maju presentasi adalah kelompok 8 yang beranggotakan Berta, Ria Winda, Roliyani, dan Vivi. Mereka mempresentasikan tentang "Kebijakan Harga". 

Pertama kita harus mengetahui apa itu Harga? Harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Dalam menentukan harga kita harus memperhatikan Harga Pokok Produksi (HPP) + laba dan Value (nilai barang tersebut).

Apa Tujuan Kebijakan Harga? Kebijakan Harga bertujuan untuk memperoleh laba maksimal, mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan, mencegah dan mengurangi persaingan, mempertahankan atau memperbaiki market share. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebijakan harga yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal berkaitan dengan tujuan pemasaran, strategi bauran pemasaran, biaya, dan organisasi tersebut. Sedangkan faktor eksternal meliputi seperti persaingan pasar, sifat, dan permintaan pasar. 

Metode dalam penetapan harga yaitu harga didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan dan harga didasarkan pada keseimbangan antara perkiraan  permintaan pasar dengan suplai. 

Pemerintah juga ikut andil dalam penetapan kebijakan harga. Tujuannya adalah untuk melindungi rakyat terhadap permainan harga oleh kaum produsen, untuk menstabilkan tingkat harga umum, untuk mencegah penurunan harga yang lebih parah. 

Pentingnya harga dalam perekonomian berpengaruh upah, sewa, upah, dan bunga. sedangkan pentingnya harga dalam perusahaan adalah berpengaruh terhadap permintaan pasar. 

Tidak ada komentar: